Senin, 29 Juli 2013

Uniknya Stasiun Tanjung Priok Jadi Cagar Budaya

Ramainya wilayah Tanjung Priok biasanya dikaitkan dengan perjalanan kapal yang hilir mudik berlayar. Tetapi ternyata, di balik hiruk pikuk tersebut Anda bisa menemukan sebuah stasiun cantik yang menjadi salah satu saksi bisu Indonesia pada masa lampau. 

Stasiun Tanjung Priok tergolong sebagai stasiun yang tertua di Indonesia. Lokasinya berada di seberang Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Memandangi bangunan stasiun ini, Anda pasti akan merasa terpukau menyaksikan kecantikan bangunannya. Pasalnya bangunan stasiun ini menjadi salah satu cagar budaya DKI Jakarta.

Di zaman dahulu, Stasiun Tanjung Priok berfungsi menyatukan antara Pelabuhan Tanjong Priok dan Batavia yang terdapat di selatan. Diperlukan sebanyak 1.700 tenaga kerja untuk membangun gedung cantik ini dengan 130 di antaranya merupakan pekerja berbangsa Eropa.


Gedung artistik yang mengkombinasikan gaya neo klasik serta kontemporer ini saat ini masih dipergunakan. Walau sempat tidak lagi dipergunakan untuk naik turun penumpang sebanyak 2000 orang, pada tahun 2009 stasiun ini difungsikan kembali.

Anda bisa mengunjungi Stasiun Tanjung Priok untuk menemukan sebuah bunker yang terdapat di salah satu sudut stasiun. Bahkan banyak beberapa pasangan yang hendak melakukan sesi foto pre-wedding di lokasi ini karena terpikat dengan sejarah serta desain stasiun yang begitu menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar