Selasa, 09 Juli 2013

Objek Wisata Gunung Rinjani Ramai Pengunjung Pendapatan Masyarakat Meningkat

Asmuni Ispan selaku Direktur Eksekutif Rinjani mengunkapkan, eksisitensi obyek wisata pendakian Gunung Rinjani membuka kesempatan kerja dan wirausaha bagi penduduk sekitarnya.

"Seiring dengan semakin maraknya turis yang berkunjung ke objek wisata Gunung Rinjani (3.726 meter di atas permukaan laut), penghasilan penduduk pun kian meningkat," ujarnya di Mataram.

Asmuni menuturkan, keelokan serta kecantikkan objek wisata Gunung Rinjani menjadi daya pikat bagi turis mancanegara dan nusantara untuk mendatangi tempat wisata tersebut. "Ini merupakan berkah bagi penduduk sekitarnya, sebab membuka peluang kerja serta peluang usaha," ungkapnya.


Objek Wisata Gunung Rinjani, termasuk salah satu obyek wisata alam terbaik di Asia Tenggara. Jumlah pengunjung ke tempat wisata setiap tahunnya kian meningkat.

Asmuni menuturkan, dengan semakin meningkatnya  wisata pendakian membuka membuka kesempatan bagi warga sekitarnya.

Menurut Asmuni, usaha akomodasi juga meningkat cukup pesat, sekarang ini berjumlah 25 homestay, yakni16 unit berada di Senaru serta sembilan unit di Sembalun.

Pemangku adat yang disebut "melokak" juga memperoleh rezeki dari kehadiran para pelancong itu, yakni melayani jasa "sembek" yaitu memberikan tanda di dahi para pengunjung dengan kapur sirih dan kunyit.

"Menurut keyakinan penduduk setempat, ini dimaksudkan agar tidak ada kendala selama pendakian juga sekaligus sebagai salah satu upaya pelestarian budaya serta dapat dijadikan daya tarik wisata," ungkap Asmuni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar