Kamis, 01 Agustus 2013

Air Terjun Srigethuk Nan Sejuk Diantara Tandusnya Gunung Kidul

Lokasinya berada di Kecamatan Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta. Menghabiskan waktu sekitar dua jam untuk mencapai lokasi ini, sembari melintasi kebun singkong di sisi jalan. 

Mungkin inilah salah satu alasan untuk nama Air Terjun Srigethuk, pasalnya ‘gethuk’ adalah makanan tradisional yang dioalah dari singkong.

Walaupun Gunung Kidul tersohor sebagai wilayah yang tandus serta sulit untuk mendapatkan sumber air karena kondisi tanah yang terjadi dari batuan kapur, ini justru berbeda pada saat Anda menyambangi area air terjun di Desa Wisata Desa Bleberan, Kecamatan Playen. 

Di sepanjang jalan menunju keberadaan air terjun atau jarak tempuh sekitar 0,5 km, Anda dapat menemukan sejumlah saluran air yang mengalir cukup deras. Perjalanan cukup melelahkan, sebab Anda akan melintasi jalan setapak serta tangga-tangga yang jumlahnya cukup banyak hingga pemandanga tebing serta melintasi bukit untuk sampai di lokasi air terjun.


Air Terjun Srigethuk memang tersohor tidak pernah mengenal musim. Air ini mengalir di antara celah bebatuan kapur khas daerah pegunungan kemudian menerpa bebatuan besar di bawahnya menambah keindahan ditengah gemericik air. Panorama ini yang menjadi daya tarik para pengunjung, yang datang untuk mengabadikan gambar  dan bermain air disekitar lokasi ini.

Bagi Anda yang ingin menjelajahi lokasi ini tersedia berbagai paket menarik yakni paket rafting, Anda akan didampingi oleh seorang pemandu untuk menyusuri Sungai Oyo dengan memakai rompi pelampung serta ban yang dipatok Rp30 ribu. Paket lainnya yakni wahana flying fox dengan tiket Rp25 ribu, Anda akan merasakan sensasi meluncur dari atas ketinggian 125 m di bagian atas aliran Sungai Oyo.

Perlu Anda perhatikan momen yang pas untuk mengunjungi Air Terjun Srigethuk ialah pada saat musim kemarau. Anda tak perlu risau, sebab debit air terjun tetap stabil sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir debit airnya akan berkurang secara drastis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar